Powered by Blogger.

Blogger templates

Bimbingan Belajar (Bimbel) Bersama KKN 46 UTM 2018

by - 9:34 AM



KKN kelompok 46 Universitas Trunojoyo Madura tahun 2018 mempunyai banyak progam kerja, salah satu program kerja yaitu bimbingan belajar (bimbel). Bimbingan belajar ini bukan merupakan program kerja utama, melainkan program kerja pendukung. Sudah tidak asing lagi kan dengan kata bimbel, nah berhubung di KKN kelompok 46 ini lumayan banyak mahasiswa dari fakultas pendidikan, maka dari itu dibentuklah program kerja pendukung yaitu bimbingan belajar (bimbel).
Bimbingan belajar disini dilaksanakan pada hari jum’at sore dan minggu sore pada pukul 15.00-16.30 berlokasi didekat posko KKN 46 UTM. Bimbingan belajar disini difokuskan pada siswa SD dan SMP, serta siswa-siswi yang akan mengikuti lomba olimpiade tingkat kecamatan supaya kemahiran dalam memahami materi belajar semakin meningkat. Bimbingan belajar disini dibimbing oleh kakak-kakak dari KKN 46 UTM.



Bimbingan belajar disini bertujuan untuk menambah keakraban dengan anak-anak di Ds. Tambak Pocok serta menyalurkan ilmu yang dimiliki oleh kakak-kakak KKN 46 UTM kepada anak-anak di Ds. Tambak Pocok. Anak-anak selain mendapatkan materi pelajaran dari sekolah juga mendapatkan materi pelajaran ketika bimbingan belajar, sehingga mereka mempunyai pengalaman baru. Bimbingan belajar disini tidak hanya memberikan materi pelajaran seperti di sekolah, akan tetapi juga memberikan materi yang tidak ada di sekolah yang setara dengan pemahaman mereka. Anak-anak juga diajak bermain-main yang mendidik, tebak-tebakan, ice breaking dan lain sebagainya.



Bimbingan belajar terkadang juga memiliki kesulitan, yaitu seperti anak-anak tidak dapat memahami materi yang disampaikan, apabila diberikan pertanyaan tidak mau menjawab, ada juga yang asal menjawab sehingga jawabannya salah. Hal tersebut merupakan hal yang wajar, maklumlah mereka masih anak-anak, kita harus lebih ekstra sabar dalam memahami mereka, karena didunia ini tidak ada anak yang bodoh melainkan mereka belum mengetahui.

You May Also Like

0 comments