Powered by Blogger.

Blogger templates

Demografi Desa Tambak Pocok

by - 8:22 AM

Populasi penduduk di Desa Tambak Pocok tidak terlalu padat dibandingkan dengan daerah lain di Kecamatan Tanjung Bumi. Jumlah penduduk desa Tambak Pocok sebanyak 2818, terdiri dari 697 kepala keluarga dengan rincian setiap dusun sebagai berikut :

Data ini berdasarkan sensus penduduk pada tahun 2010 yang dilakukan di desa Tambak Pocok.

             Dilihat dari kondisi sosial budaya, setiap kepala keluarga di Desa Tambak Pocok memiliki musholla. Selain musholla, setiap rumah juga memiliki halaman yang sangat luas. Budaya ini di Desa Tambak Pocok dikenal dengan sebutan "Tanean Lanjeng". "Tanean Lanjeng" adalah bukti kekerabatan asyarakat Madura. Tanean lanjeng terbentuk karena sejumlah rumah ditata berjejeran dengan rumah induk yang berada di tengah-tengah. Rumah induk ini biasanya, ditandai dengan jengger ayam diatapnya. Rumah induk ditempati orang tertua pada keluarga tersebut. Orang tertua ini keudian disebut kepala somah. Ibarat raja kecil kepada somaliah yang menguasai semua kebijakan keluarga, terutama menyangkut masalah perkawinan.
            Dilihat dari kondisi pekerjaan, banyak penduduk usia produktif yang bekerja di luar kota seperti Balikpapan, Samarinda dan Pontianak. Bahkan tidak jarang pula mereka bekerja sebagai TKI (Tenaga Kerja Indonesia). Hal ini dapat dibuktikan dengan sedikitnya warga dengan usia produktif di Desa Tambak Pocok.
             Dilihat dari kondisi kesehatan, berdasarkan hasil observasi lapangan, tingkat kesehatan di Desa Tambak Pocok tidak terlalu baik. Masih banyak yang warga yang mengidap penyakit kusta. Namun, banyak dari mereka yang tidak berobat dikarenakan merasa malu dengan penyakit yang dideritanya. Tak jarang pula, bidan dan petugas kesehatan harus terjun langsung ke warga-warga untuk mengajak penderita kusta untuk berobat. Sehingga wabah penyakit kusta yang sempat terjadi di Desa Tambak Pocok 3 tahun yang lalu mulai berangsur-angsur berkurang.
             Dilihat dari kondisi pendidikan, keberadaan lembaga pendidikan yang mulai cukup lengkap dimulai dari PAUD, TK, SD, MTS, dan MA membuat tingkat pendidikan di Desa Tambak Pocok cukup baik dalam beberapa tahun terakhir. Namun, bagi warga yang sudah melewati usia produktif masih terlihat banyak yang buta aksara. Hal ini terlihat dari ibu-ibu yang juga ikut belajar ketika mengantarkan anak mereka ke sekolah.


You May Also Like

0 comments