Powered by Blogger.

Blogger templates

Sosialisasi Kerajinan Tangan dan Olahan Kacang Mete Bersama Mahasiswa KKN 46 UTM

by - 5:54 PM

            Kegiatan sosialisasi merupakan salah satu rentetan kegiatan dari program kerja kelompok KKN 46 Universitas Trunojoyo Madura yang bertempat di desa Tambak Pocok. Sosialisasi Kerajinan tangan dan olahan kacang mente merupakan bagian dari kegiatan sosialisasi tersebut.  Kerajinan tangan disini memfokuskan kerajinan yang berasal dari bambu. Bambu diolah menjadi berbagi macam kerajinan beberapa diantaranya berupa lampu hias dan miniatur. Selanjutnya pada kegiatan ini olahan mente difokuskan untuk diolah menjadi  beberapa macam olahan yaitu kopi mente, susu mente dan mente pedas manis.
Sosialisasi Kerajinan Tangan dan Produk Olahan KacangMete

             Kegiatan ini diselenggarakan di  beberapa titik desa Tambak Pocok. Yaitu dusun Sokkah, dusun Tanah Merah dan rumah Carik desa Tambak Pocok. Pengambilan beberapa titik sosialisasi adalah agar mempermudah warga desa Tambak Pocok untuk menghadiri acara sosialisasi.  Sosialisasi diakan tiga hari berturut-turut, yaitu minggu ketiga dari  berlangsungnya KKN. Kegiatan sosialisasi pertama dilaksanakan  pada hari Senin, tanggal 22 Januari 2018 bertempat di dusun Sokkah, di rumah Klebun desa Tambak Pocok. Kegiatan ini dilaksanakan pada siang hari yaitu mulai pukul 14.00 WIB. Sasaran dari kegiatan ini adalah warga desa Tambak Pocok. Kegiatan sosialisasi terlaksana dengan baik dan mendapat respon yang baik pula dari warga dusun Sokkah. Meskipun kebanyakan warga yang hadir dalam kegiatan ini adalah ibu-ibu dan ada anak-anak yang datang mewakili orang tuanya yang tidak dapat hadir karena sedang pergi ke sawah. Kopi dan susu mente merupakan produk yang banyak mendapat respon dari warga yang hadir. Hal ini mungkin dapat disebabkan  rata-rata peserta yang hadir merupakan ibu-ibu sehingga lebih tertarik dengan produk olahan yang berupa makanan.
             Selanjutnya kegiatan sosialisai kedua dilaksanakan pada keesokan harinya yaitu hari Selasa, tanggal 23 Januari 2018. Bertempat di  dusun Tanah Merah yaitu di rumah kepala dusun Tanah Merah. Kegiatan berjalan dengan lancar. Meskipun kegiatan yang seharusnya dimulai pukul 14.00 WIB baru bisa terlaksana pada sekitar pukul 14.30 karena masih menunggu warga yang baru pulang dari bekerja. Begitu juga sosialisasi ketiga yang diadakan di rumah Carik desa Tambak Pocok yaitu pada hari Rabu, tanggal 24 Januari 2018 berjalan dengan lancar dan banyak warga yang antusias.
Kegiatan sosialisasi kerajinan tangan dan olahan mente yang diadakan oleh kelompok KKN 46 memang berjalan dengan lancar dan antusias warga yang cukup baik, namun bukan berarti tidak mengalami kendala. Seperti halnya banyak warga yang bekerja pada siang hari. Dan jika sosialisasi diakan pada malam hari banyak warga yang tidak berani untuk keluar saat malam hari karena daerah yang cukup rawan. Namun semua kendala tersebut dapat teratasi. Bahkan dari hasil sosialisasi yang kelompok KKN 46 adakan ada beberapa warga yang ingin langsung mencoba mebuat kopi dari mente. Ada yang berpikiran setidaknya mereka bisa menikmati kopi mente yang diolah untuk mereka sendiri tanpa harus membeli kopi.


You May Also Like

0 comments